Lalu berdiri pula London bridge yang disebut juga dengan “city on a bridge”. Namun karena keberadaannya menghalangi kapal-kapal yang melewati sungai thames maka pada tahun 1831 jembatan ini dirubuhkan dan diganti dengan jembatan yang dapat dibuka tutup ketika kapal lewat menggunakan teknologi hidrolik yaitu Tower bridge. Sampai saat ini ada 30 jembatan yang berdiri diatas sungai thames. Walaupun membawa banyak kemakmuran bagi rakyat London, namun sungai ini juga membawa banyak musibah. Air pasang dan surutnya serta angin atlantis yang bertiiup setiap tahunnya menyebabkan beberapa kali banjir besar.
Pada abad ke 43 masehi bangsa Romawi menyerang dan menjajah kota ini dengan membawa 40rb pasukan. Bangsa romawi ini membangun perdaban di kota London. Pada tahun 60 masehi ratu inggris menyerang romawi menyebabkan serangan balik yang menghancurkan kota London. Bangsa romawi membangun tembok London dengan jumlah 1 juta blok batu dengan ketebalan tembok 3m dan tembok ini dibangun mengelilingi wilayah di kota London seluas 300 acre. Akhirnya pada tahun 410 masehi romawi meninggalkan kota London, hal inimembuat London kembali terpuruk. Banyak wabah penyakit dan musibah yang menyerang kota London. Pada tahun 1665 wabah penyakit pes yang disebabkan oleh tikus mulai melanda kota London. Wabah ini merenggut 30 ribu jiwa dan wabah ini hanya bisa diheentikan oleh panas atau api.
Lalu kebakaran besar terjadi pada tanggal 2 september 1666 selama 5 hari. Kebakaran ini menyebabkan 80 ribu jiwa tuna wisma, 13 ribu rumah musnah terbakar, kejadian ini merusak kota London seluas 400 acre. Namun kejadian ini menghentikan penyebaran penyakit pes yang mewabah sebelum kebakaran terjadi. Lalu setelah itu London kembali bangkit dan berkembang. Christoper wern dan john evelyn merupakan pencetus ide “rebuild London” dengan rancangan kota London yang sangat modern, namun idenya tersebut hanya terealisasikan dengan bangunan Gereja Katedral St. Paul dengan arsitektur yang sangat megah dan bergaya klasik. Selain itu yang tak kalah hebatnya adalah kubahnya yang seberat 67 ton dapat berdiri kokoh, hal ini desebabkan oleh penyangganya yang rantai besi.
Pada abad 17-18 ekonomi London berkembang pesat, jumlah penduduk pada abad itu mencapai 1 juta jiwa. Kondisi ini terjadi pada saat kekaisaran London berkuasa. meningkatnya ekonomi ini disebabkan oleh perdagangan dan pelabuhan di London yang berkembang pesat. Pada tahun 1790 pelabuhan London perkembang pesat sekitar 14 ribu kapal hilir mudik setiap harinya. Akhirnya dalam jangka 100 tahun 9 pelabuhan baru dibuat untuk menopang padatnya perdagangan dan kapal kapal yang keluar masuk London. Pada tahun 1850 london sudah menjadi kota metropolis dengan jumlah penduduk 1,5 juta jiwa. Namun pada tahun 1858 london kembali terkena wabah penyakit, kali ini penyakit kolera yang disebabkan buruknya saluran pembuangan kotoran yang ada di London.
Akhirnya pada tahun 1859-1865 Bazalgette membuat inovasi saluran pembuangan dengan membuat terowongan-terowongan bawah tanah yang kedalamannya 6m dari permukaan bermaterialkan batu bata. Peresmian saluran ini di hadiri oleh prince of Wales dan 2 uskup. Masalah yang kemudian muncul karena padatnya penduduk London salah satu yang utama adalah transportasi. Untuk mengatasi masalah transportasi tersebut maka dibuatlah system subway atau kereta bawah tanah. Ide pertama dicetuskan oleh Picadilily. Lalu dikembangakan lagi dnegan metode tameng atau perisai yang lebih memudahkan dalam pembuatan subway oleh James Greathead. Pembuatan subway memakan waktu dari tahun 1886-1888. Pada awal dibukanya jalur ini, fasilitas kereta bawah tanah ini memuat 30rb orang/hari. Lalu diadakan perluasan subway pada tahun 1921-1931. Pada tahun 1940 pasukan nazi jerman menyerang dan menghancurkan London, namun London segera bangkit dan menata kotanya kembali. Lalu pada tahun 1928 sungai thames meluap dengan ketinggian 1meter, dan meluap kembali pada tahun 1953.
Transportasi
London Underground adalah jaringan kereta bawah tanah yang tertua di dunia dan mungkin juga tersibuk dengan 3 juta pengguna per hari. Namun, belakangan mulai terlihat penurunan layanan seperti kepadatan dan keterlambatan kereta karena kurang investasi. Layanan kereta ke daratan Eropa dilayani lewat Channel Tunnel yang menyeberangi Selat Dover.
Transportasi Udara
London dilayani oleh sekitar 6 bandara dengan 3 buah di dalam batas London Raya dan 3 di luar. Yang terbesar adalah Heathrow yang menjadi bandara utama dan sebuah hub penerbangan yang penting. Karena posisinya di dalam batas London Raya, proyek perluasannya selalu mendapat perlawanan. Walau begitu, Terminal 5 yang sedang dibangun akan dibuka pada 2008. Bandara internasional London lainnya adalah Gatwick dan Stansted yang per tahun melayani masing-masing 30 juta dan 20 juta penumpang. Tiga bandara lainnya adalah Biggin Hill, London City Airport dan Bandara Luton London.
Transportasi Air
Sungai Thames bisa dilalui kapal yang melaut sampai sekitar London Bridge dan oleh kapal-kapal kecil sampai keluar batas London Raya. Awalnya, transportasi air adalah salah satu transportasi utama di London namun sekarang lalu lintas air hanya dipakai sebagai wisata. London juga mempunyai jaringan kanal, termasuk Kanal Regent's yang menghubungkan Thames ke Grand Union Canal.
London Underground (Tube)
Sampai saat ini, Underground beroperasi sebagai Public-Private Partnership (PPP), dimana perawatan infrastruktur yang dikelola oleh dua perusahaan swasta (Perusahaan Tube Lines) di bawah 30 tahun kontrak, sementara kepemilikan dan pengoperasian berapa pada tangan publik yaitu TfL. Di dalam sistem PPP tersebut, Underground telah dianggap sebagai kereta bawah tanah yang berstandar dunia. Standar dunia itu diberikan mengingat tersedianya kereta bawah tanah per waktu tertentu untuk setiap jalur dilengkapi dengan fasilitas yang baik. Underground tidak berjalan selama 24 jam sehari (kecuali pada Tahun Baru dan acara-acara publik utama - seperti Queen's Golden Jubilee pada 2002 dan Upacara Pembukaan dan Penutupan Olimpiade London pada tahun 2012) karena sebagian besar garis hanya memiliki dua trek (satu di masing-masing arah) dan pada malam hari untuk pembersihan dan pemeliharaan. (Menurut Asapsetia dalam
Pendidikan
Pendidikan merupakan bagian penting dari kehidupan di Inggris. Ada ratusan sekolah, perguruan tinggi dan universitas, termasuk beberapa yang paling terkenal di dunia. Pendidikan gratis dan wajib untuk semua anak berusia antara 5 - 16. Beberapa anak dididik di rumah daripada di sekolah. Pendidikan anak-anak di Inggris biasanya dibagi menjadi dua tahap yang terpisah. Mereka mulai dengan pendidikan dasar pada usia lima dan ini biasanya berlangsung sampai mereka sebelas. Kemudian mereka pindah ke sekolah menengah, di sana mereka tinggal sampai mereka mencapai enam belas, tujuh belas atau delapan belas tahun. Guru di sekolah dasar (4-11 tahun usia) selalu diatasi dengan orang tua, Di sekolah menengah (11 - 16 tahun), guru biasanya ditujukan sebagai Miss atau Sir.
Makanan Tradisional
Makanan Inggris secara tradisional didasarkan pada daging sapi, domba, ayam babi, dan ikan dan umumnya disajikan dengan kentang dan satu sayuran lainnya. Makanan yang paling umum dan khas dimakan di Inggris termasuk sandwich, ikan dan keripik, kue seperti pucat Cornish, trifle dan makan malam daging panggang. Beberapa hidangan utama kami memiliki nama aneh seperti Bubble & Squeak and Toad-in-the-Hole. Makanan pokok dari Inggris adalah daging, ikan, kentang, tepung, mentega dan telur. Banyak hidangan kami didasarkan pada makanan ini.
Comments