Biografi Rieke Diah Pitaloka

 Biodata  Nama Lengkap : Rieke Diah Pitaloka Intan Purnamasari  Tempat / Tgl. Lahir : Garut , 8 Januari 1974  Kewarganegaraan : Indonesia  Jenis Kelamin : Perempuan  Tinggi / Berat Badan : 163 cm / 48 kg  Status Pernikahan : Menikah  Hobby : Membaca , Diskusi , Olahraga  Alamat : Jl. KH. Ahmad Dahlan V No.11A  Kukusan Depok Indonesia  telp/fax : 021 – 78893410  e-mail : riekepitaloka@yahoo.com Biografi  Rieke Diah Pitaloka dikenal sebagai bintang sinetron, teater, aktifis dan pembawa acara program televisi. Popularitasnya semakin melejit lewat perannya sebagai gadis blo’on dan lugu bernama Oneng dalam serial BAJAJ BAJURI dan SALON ONENG. Selain itu Rieke juga dikenal sebagai  pembawa acara dalam acara Good Morning dan penulis buku. Salah satu judul bukunya adalah Renungan Kloset.  Selain sinetron, Rieke juga menjajal teater. Rieke ikut pementasan teater yang berjudul ‘Cipoa’ garapan Putu Wijaya. Ingin mencoba hal baru, Rieke pun merambah ke layar lebar. Rieke memulai debutnya di layar lebar sebagai Dwi, perempuan yang dipoligami dalam film Berbagi Suami.   Ketagihan main film, Rieke bermain dalam film antologi karya empat sutradara perempuan berjudul Lotus Requiem yang kemudian judulnya diubah menjadi Perempuan Punya Cerita Setelah menyelesaikan pendidikan S-1 di Fakultas Sastra Belanda Universitas Indonesia dan S-1 Filsafat STF Driyakara, Jakarta , Rieke pun meneruskan pendidikannya. Meski sibuk dengan segala kegiatan ‘keartisan’, Rieke berhasil menyelesaikan pendidikan S-2nya di jurusan Filsafat Universitas Indonesia (UI). Bahkan tesisnya yang berjudul Banalitas Kejahatan: Aku yang tak Mengenal Diriku, Telaah Hannah Arendt Perihal Kekerasan Negara dijadikan buku dengan judul  Kekerasan Negara Menular ke Masyarakat diterbitkan oleh Galang Press.  Rieke aktif dalam kegiatan politik, bahkan p

Biodata

Nama Lengkap : Rieke Diah Pitaloka Intan Purnamasari

Tempat / Tgl. Lahir : Garut , 8 Januari 1974

Kewarganegaraan : Indonesia

Jenis Kelamin : Perempuan

Tinggi / Berat Badan : 163 cm / 48 kg

Status Pernikahan : Menikah

Hobby : Membaca , Diskusi , Olahraga

Alamat : Jl. KH. Ahmad Dahlan V No.11A

Kukusan Depok Indonesia

telp/fax : 021 – 78893410

e-mail : riekepitaloka@yahoo.com

Biografi

Rieke Diah Pitaloka dikenal sebagai bintang sinetron, teater, aktifis dan pembawa acara program televisi. Popularitasnya semakin melejit lewat perannya sebagai gadis blo’on dan lugu bernama Oneng dalam serial BAJAJ BAJURI dan SALON ONENG. Selain itu Rieke juga dikenal sebagai  pembawa acara dalam acara Good Morning dan penulis buku. Salah satu judul bukunya adalah Renungan Kloset.

Selain sinetron, Rieke juga menjajal teater. Rieke ikut pementasan teater yang berjudul ‘Cipoa’ garapan Putu Wijaya. Ingin mencoba hal baru, Rieke pun merambah ke layar lebar. Rieke memulai debutnya di layar lebar sebagai Dwi, perempuan yang dipoligami dalam film Berbagi Suami.

Ketagihan main film, Rieke bermain dalam film antologi karya empat sutradara perempuan berjudul Lotus Requiem yang kemudian judulnya diubah menjadi Perempuan Punya Cerita Setelah menyelesaikan pendidikan S-1 di Fakultas Sastra Belanda Universitas Indonesia dan S-1 Filsafat STF Driyakara, Jakarta , Rieke pun meneruskan pendidikannya. Meski sibuk dengan segala kegiatan ‘keartisan’, Rieke berhasil menyelesaikan pendidikan S-2nya di jurusan Filsafat Universitas Indonesia (UI). Bahkan tesisnya yang berjudul Banalitas Kejahatan: Aku yang tak Mengenal Diriku, Telaah Hannah Arendt Perihal Kekerasan Negara dijadikan buku dengan judul  Kekerasan Negara Menular ke Masyarakat diterbitkan oleh Galang Press.

Rieke aktif dalam kegiatan politik, bahkan pernah menduduki jabatan wakil sekretaris jenderal DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pimpinan Muhaimin Iskandar. Rieke kemudian mengundurkan diri dari partai berbasis massa Islam tersebut untuk bergabung ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) pimpinan Megawati Soekarnoputri.

Rieke adalah anggota DPR periode 2009-2014 dari PDI-P untuk Daerah Pemilihan Jawa Barat II. Di Dewan Perwakilan Rakyat, Rieke merupakan salah satu anggota dari Komisi IX. Bidang yang sangat Ia perhatikan adalah bidang kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Ia merupakan salah satu anggota Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang merupakan bagian dari Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN).

Rieke Diah Pitaloka menikah dengan dosen filsafat Universitas Indonesia, Donny Gahral Adian  pada hari Sabtu, 23 Juli 2005, di kediaman orangtua Rieke di Garut, Jawa Barat.  Saat ini, keluarga Rieke dan Donny telah dikarunia 3 orang putra yang bernama Sagara Kawani  (2009), dan putra kembar bernama Jalu Manon Badrika Adiansyah dan Jalu Manon Wisesa Adiansyah (2012). Rieke Dyah Pitaloka juga mendirikan sebuah yayasan yang diberi nama “Yayasan Pitaloka” yang  bergerak di bidang sastra dan sosial kemasyarakatan.

Pada Pemilihan Gubernur Jawa Barat Periode 2013-2018, Rieke Diah Pitaloka mencalonkan diri sebagai calon Gubernur Jawa barat dengan Teten Masduki sebagai wakilnya. Rieke Diah Pitaloka dan Teten Masduki bersaing dengan pasangan Cagub-Cawagub lainnya yaitu Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar, Dede Yusuf dan Lex Laksamana, Irianto MS Syafiuddin dan Tatang Farhanul Ilham, serta Dikdik Mulyana Arief dan Cecep Nana Suryana.

Rieke Diah Pitaloka mencalonkan diri sebagai Gubernur Jawa Barat dengan wakil Teten Masduki yang merupakan aktivis anti-korupsi. Rieke mendapatkan dukungan penuh dari PDI Perjuangan,  bahkan Jokowi-Ahok yang telah memenangkan Pilkada DKI Jakarta memberikan banyak saran dan  masukan untuk bersaing pada Pilgub Jabar.

Karir

Iklan
1995 : Larutan Penyegar Cap Kaki Tiga

1996 : Coklat Cadbury

1997 : Sabun Cuci Attack

1998 : Kondom Artika Meoong

1999 : Motor Cina Jian Zhe

2003 : Larutan Penyegar Cap Kaki Tiga
2004 : – Iklan Layanan Masyarakat Perpustakaan
           - B R I Bank Rakyat Indonesia
           - Iklan layanan masyarakat PLN 1722
           - Obat Nyamuk
2004-sekarang : Energy Drink Kuku Bima

2005 : – Bumbu Penyedap Masakan Sasa
            - ALFA Super Market
            - Sepeda Motor HONDA

2006 : – Iklan Layanan Masyarakat

Pengalaman Berorganisasi

1998 : Gerakan Mahasiswa UI (Aliansi Pro Demokrasi Anti Militerisme)

2006 sekarang : Ketua Yayasan Pitaloka

2006 sekarang : Star Fellow of Greenpeace Jakarta

2008 sekarang : Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan DPP PDI Perjuangan

Penglaman Kerja

Sinetron / FTV

Srikandi

Badut pasti Berlalu

Perawan-perawan

Perkawinan

Prahara Prabu Siliwangi

Goresan Cinta Berbingkai Duka

Impian Pengantin

Hati Yang Perawan

Untukmu Segalanya I

Indahnya Rembulan,

Teriknya Matahari

Prahara Kania

Klop

Putri Maharani

Demi Kasih

30 Meter

Badut Pasti Berlalu

Tirani Kehidupan

Juice Melon

Bajaj Bajuri

Salon Oneng

Film

2006 : Berbagi Suami, Sutradara: Nia Dinata

2007 : Perempuan Punya Cerita, Sutradara: Nia Dinata

2008 : Laskar Pelangi, Sutradara: Riri Reza

2009 : Sang Pemimpi

Pembawa Acara

Indosiar : Informasi Kelautan Ikan, ikan, ikan

Metro TV : Book Review Famous to famous

ANTV : Raja Sawer

TPI : Liga Italia, Selebriti Up Date, Pasar Rakyat, Warung Sehat

Trans TV : Good Morning

Buku Ditulis Rieke


Desember 2001 : Kumpulan Puisi Renungan Kloset

April 2003 : Kumpulan Puisi Renungan Kloset

Dari Cengkeh sampai Utrecht

Oktober 2004 : Kekerasan Negara Menular ke Masyarakat

Desember 2005 : Kumpulan Puisi UPS!

Comments

Silahkan tambahkan komentar Anda